Kompas.com - 11/05/2016, 16:32 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

RAFAH, KOMPAS.com - Kelompok militan Hamas menyebutkan Mesir telah membuka kembali pintu perbatasan di Jalur Gaza. Pembukaan ini merupakan yang pertama sejak tiga bulan terakhir. 

Pintu perlintasan di Rafah adalah gerbang utama dari Gaza menuju "dunia luar".

Seperti diberitakan Associated Press, Rabu (11/5/2016), pembukaan sementara gerbang tersebut berlaku hari Rabu dan Kamis.

Hamas, sebagai kelompok yang menguasai Gaza menyebut, 30.000 sudah mengajukan aplikasi untuk melakukan perjalanan dengan baragam alasan, termasuk terkait hal kemanusiaan.

Menteri Dalam Negeri Hamas lalu meminta kepada Pemerintah Mesir untuk memperpanjang periode pembukaan gerbang perbatasan. Hal itu diperlukan untuk memenuhi kebutuhan perjalanan dari 30.000 orang tersebut.

Sebelumnya Mesir menerapkan pembatasan ketat di kawasan itu sejak tahun 2013. Hal itu terjadi ketika hubungan dengan Hamas memburuk, menyusul penggulingan Presiden Mesir Mohammed Morsi.

Baca: Israel Lakukan Penutupan Dua Hari di Jalur Gaza dan Tepi Barat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.