Kompas.com - 07/03/2016, 05:00 WIB
EditorGlori K. Wadrianto
KOMPAS.com - Hewan sejenis gurita namun transparan mirip "hantu Casper" di layar kaca, ditemukan di laut di wilayah Hawaii, Amerika Serikat.

Hampir dipastikan bahwa hewan ini merupakan sebuah spesies baru. Hewan laut itu ditemukan kapal selam di kedalaman sekitar empat kilometer di Perairan Pulau Necker.

Ahli sains dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Michael Vecchione mengatakan, penemuan jenis gurita tanpa sirip itu merupakan kali pertama.

Hewan itu telah diberi nama "casper" seperti sosok hantu dalam film kartun. Sel pigmen yang minim dari hewan sejenis gurita ini menyebabkan warna kulitnya bercahaya.

"Ini hampir dipastikan merupakan spesies yang belum pernah ditemukan," kata Michael Vecchione yang menyebutnya sebagai sebuah gurita kecil yang luar biasa.

Seperti diberitakan laman BBC Indonesia, jenis octopoda (gurita) yang hidup di laut dibagi dalam dua kategori yakni, cirrina, atau 'dumbo', gurita dengan sirip, atau octopoda incirrina, tidak memiliki sirip.

Vecchione menjelaskan ciri dari casper ini lebih mendekati octopoda incirrina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.