Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah di China Ini Hanya Punya Satu Murid dan Satu Guru

Kompas.com - 26/02/2016, 20:22 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Bagi Liu Jiankang, bersekolah di sekolah dasar Akademi Keguruan Taohuagou layaknya menjalani les privat.

Bagaimana tidak, Liu Jiankang adalah satu-satunya murid di sekolah yang berdiri di kawasan pedesaan provinsi Hubei, China, ini.

Sekolah ini dulunya sangat ramai karena memiliki 300 murid dan sekitar 30 guru. Kini, guru yang tersisa di sekolah itu hanya Liu Zhaoming.

Kini, sekolah tersebut praktis hanya digunakan oleh Liu Zhaoming dan satu-satunya murid, Liu Jiankang.

Zhaoming menjelaskan, anak-anak di desa itu satu per satu dibawa orangtua mereka yang bekerja di kota besar untuk mendapatkan peruntungan yang lebih baik.

Semua anak pergi, dan yang tersisa hanya Liu Jiankang. Itu pun karena kedua orangtua Liu Jiankang terpaksa memulangkan bocah itu ke desa setelah liburan festival musim semi.

Kondisi yang dialami Liu Jiankang dan gurunya, Liu Zhaoming, ini merupakan contoh masalah yang tercipta karena urbanisasi di China.

Sebagian warga desa memilih pergi ke kota untuk mencari penghasilan lebih baik. Namun, banyak anak yang tak beruntung, ditinggalkan, tumbuh tanpa orangtua, atau dalam kasus Liu Jiankang, tanpa teman sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com