Kompas.com - 29/01/2016, 21:34 WIB
EditorFarid Assifa
KOMPAS.com - Para pejabat Amerika Serikat dan Korea Selatan secara pribadi mengatakan mereka yakin Korea Utara sedang mempersiapkan peluncuran misil dalam minggu mendatang.

Seorang pejabat Amerika Serikat yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa peningkatan aktivitas telah terdeteksi di Korea Utara, mengisyaratkan bahwa persiapan peluncuran sedang berlangsung.

Pemerintah Jepang telah mengeluarkan perintah mencegat misil Jumat (29/1/2016) dalam menanggapi persiapan peluncuran tersebut.

Media Jepang melaporkan sebelumnya bahwa sejumlah citra satelit menunjukkan Korea Utara tampaknya menyiapkan peluncuran misil balistik jarak jauh dari Tongchang-ri di wilayah barat Korea Utara.

Lokasi itu digunakan untuk menembakkan misil balistik yang dapat melakukan perjalanan lebih dari 10.000 kilometer. Korea Utara mengatakan misil itu adalah roket untuk meluncurkan satelit ke ruang angkasa.

Tapi Korea Selatan, Amerika Serikat dan negara-negara lain menduga Pyongyang sedang mengembangkan misil yang dapat digunakan untuk menyerang Jepang dan Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.