Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Rilis Video Para Penyerang Paris

Kompas.com - 25/01/2016, 10:21 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Media center kelompok teroris ISIS memublikasikan sebuah video yang diklaim menunjukkan sejumlah foto dan pernyataan terakhir dari sembilan orang yang mengambil bagian dalam serangan di Paris yang menewaskan 130 orang pada tanggal 13 November tahun lalu.

Namun, keaslian rekaman tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen.

Video itu diunggah ke saluran ISIS di aplikasi Telegram dan menunjukkan sejumlah penyerang yang mengenakan seragam kamuflase di sebuah gurun, sebelum serangan di Paris.

Pada 13 November malam, sembilan orang, yang terbagi dalam tiga kelompok, menyerang sebuah stadion olahraga, serangkaian kafe, dan sebuah ruang konser di Paris. Otoritas Perancis telah mengeluarkan sebuah surat perintah penangkapan untuk seorang pria lain, yaitu Salah Abdeslam, yang melarikan diri ke Belgia sehari setelah serangan itu.

Para penyerang diidentifikasi dalam video itu berdasarkan nama samaran yang merujuk ke kewarganegaraan mereka, yaitu tiga orang Perancis, empat warga Belgia, dan dua warga Irak, disebut sebagai Ali al-Irak dan Ukasha al-Irak.

Kedua orang itu mungkin menjadi pelaku bom bunuh diri yang mencoba menyerang Stadion Stade de France. Mereka membawa paspor Suriah yang diduga palsu dan tidak dapat diidentifikasi secara resmi.

Tujuh orang penyerang lainnya yang tewas telah berhasil diidentifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com