Kompas.com - 13/12/2015, 12:59 WIB
|
EditorEgidius Patnistik
NEW YORK, KOMPAS.com - Donald Trump tidak tergoyahkan di puncak survei nasional calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik. Hasil jajak pendapat yang digelar Reuters/Ipsos, Sabtu (12/12/2015) menempatkan pebisnis real estate itu memimpin dengan 35 persen.

Angka ini unggul jauh dari pesaing terdekatnya, yaitu pakar bedah saraf Ben Carson yang hanya meraih 12 persen dukungan.

Survei itu merupakan yang pertama dilakukan sejak Trump mengeluarkan seruan kontroversial untuk melarang umat Muslim memasuki AS. Survei itu menunjukan bahwa pernyataan kontroversial itu sama sekali tidak melukai Trump.

Angka 35 persen tersebut tidak berubah dari survei terakhir yang digelar sebelum ucapan kontroversial itu muncul awal pekan lalu. Pemilih Republiken mengatakan mereka sama sekali tidak merasa terganggu dengan seruan itu.

Hanya 29 persen yang mengatakan ucapan Trump ofensif sedangkan 64 persen mengatakan tidak ada yang salah dengan pernyataan taipan itu.

“Pada dasarnya dia mengatakan apa yang dirasakan semua orang,” kata Donna Fee, warga yang tinggal di Negara Bagian Missouri.

Fee melanjutkan bahwa dia mendukung Trump dan proposal pelarangan itu. Namun dia menambahkan bahwa pernyataan Trump yang terlalu blak-blakan tetap berpotensi melukai peluangnya memenangkan nominasi capres Republiken.

“Saya rasa dia perlu seseorang untuk menenangkannya, dia perlu meredam sejumlah retorikanya.”

Dengan pemilihan pendahuluan (kaukus) Iowa yang tinggal 6 minggu lagi, Trump telah mematahkan analisa sejumlah pengamat politik yang berpendapat dia hanyalah “sensasi bulanan”.

Sejak mendeklarasikan diri Juli lalu, Trump kokoh bertahan di puncak jajak pendapat dan bahkan mulai jauh meninggalkan pesaingnya yang kesulitan untuk memangkas keunggulannya.

Halaman:
Sumber Reuters


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.