Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Keuangan ISIS Tewas dalam Serangan Udara AS

Kompas.com - 11/12/2015, 12:28 WIB
KOMPAS.com — Kepala keuangan kelompok yang menamakan dirinya Negara Islam atau ISIS tewas dalam serangan udara yang dilancarkan oleh pasukan koalisi pimpinan AS. Demikian kata juru bicara militer AS.

Muwaffaq Mustafa Mohammed al-Karmoush, alias Abu Salah, dan dua pejabat tinggi ISIS lainnya, tewas dalam serangan yang berlangsung dalam "beberapa pekan terakhir". Namun, pihak militer AS tidak memerinci lebih lanjut.

Pasukan koalisi telah melakukan serangan udara terhadap gerilyawan ISIS di Irak dan Suriah selama lebih dari setahun. Seorang pemimpin ISIS lainnya tewas pula baru-baru ini oleh serangan di Libya.

Daftar yang diburu

Juru bicara militer AS, Kolonel Steve Warren, membenarkan kematian para pimpinan ISIS tersebut dalam percakapan video jarak jauh dari ibu kota Irak, Baghdad.

Abu Salah adalah nama samaran dari Muwaffaq Mustafa Mohammed al-Karmoush. Ia muncul dalam daftar pencarian Counter Terrorism, Departemen Keuangan AS.

Kolonel Warren menyebut Abu Salah sebagai warga negara Irak kelahiran tahun 1973 dan merupakan salah satu anggota "paling senior dan berpengalaman", dari jaringan keuangan kelompok militan itu.

"Terbunuhnya Abu Salah dan para pendahulunya akan melemahkan pengetahuan serta keahlian yang dibutuhkan dalam mengoordinasikan dana dalam organisasi jaringan tersebut," kata Kol Warren.

Warren juga menambahkan, para pemimpin lainnya yang tewas adalah Abu Mariam, pejabat penting ISIS yang bertanggung jawab untuk berbagai aksi pemerasan, dan Abu al-Waqman Tunis, yang mengoordinasikan penempatan orang, senjata, dan informasi.

Brett McGurk, utusan khusus Presiden AS untuk koalisi global melawan ISIS, dalam Twitter-nya mengatakan, "Tiga tewas sebagai bagian dari operasi militer pasukan koalisi untuk menghancurkan infrastruktur keuangan Isil (ISIS) ini."

Pada Senin (7/12/2015), Pentagon memastikan serangan udara AS telah menewaskan seorang pimpinan senior ISIS di Libya.

Abu Nabil tewas setelah pesawat jet F-15 menargetkan sebuah kamp yang ditempatinya di sebelah timur kota Derna pada tanggal 13 November.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com