Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersangka Utama Pelaku Serangan di Paris Didesak Saudaranya untuk Menyerah

Kompas.com - 18/11/2015, 07:00 WIB
BRUSSELS, KOMPAS.com - Saudara dari tersangka utama serangan teror di Paris, Salah Abdeslam, pada Selasa (17/11/2015) mendesak saudaranya itu untuk menyerahkan diri saat polisi di Perancis dan Belgia meningkatkan perburuan mereka terhadapnya.

"Saya menyarankan dia untuk menyerahkan diri kepada polisi," kata saudaranya, Mohamed Abdeslam, yang sebelumnya telah ditangkap tetapi kemudian dibebaskan tanpa tuduhan di Belgia, kepada televisi Perancis, BFMTV.

"Hal terbaik baginya adalah menyerahkan diri sehingga sistem hukum dapat mendudukan kasus ini. Saya mengingatkan kalian bahwa Salah tidak pernah berkesempatan untuk mengatakan kisahnya kepada polisi dan oleh karena itu ia harus diduga tidak bersalah."

Perancis mengatakan, Salah Abdeslam yang "berbahaya" dicari sehubungan dengan serangan pada Jumat lalu dan bahwa saudaranya yang ketiga, Brahim, merupakan salah satu penyerang bom bunuh diri yang melancarkan pembantaian di Paris.

Polisi Belgia menahan Mohamed Abdeslam pada Sabtu sebagai bagian dari gelombang penangkapan. Namun ia dibebaskan tanpa dakwaan pada Senin bersama empat tersangka lainnya. Dua tersangka lainnya didakwa terlibat dalam terorisme.

"Kami sebuah keluarga. Kami memikirkan dia. Kami bertanya-tanya dia di mana, dan apakah dia takut, dan apakah dia makan," kata saudaranya itu.

Mohamed Abdeslam mengatakan kepada televisi Belgia, RTL, di rumah keluarganya di Brussels pada hari Senin bahwa "ia (Salah Abdeslam) dibesarkan di sini, belajar di sini, dia adalah anak laki-laki yang sangat normal."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com