Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelat Nomor Kendaraan JFK Laku Dilelang Rp 1,3 Miliar

Kompas.com - 08/11/2015, 15:09 WIB

KOMPAS.com - Sepasang pelat nomor kendaraan yang membawa Presiden Amerika Serikat John F Kennedy ketika dia tewas ditembak, laku dilelang seharga 100.000 dollar AS. Nilai itu setara dengan Rp 1,3 miliar.

Limosin yang mengangkut Kennedy diperbaiki setelah pria yang akrab disapa dengan sebutan JFK itu ditembak di Dallas, Negara Bagian Texas, pada November 1963. Adapun kedua pelat nomornya dibuang begitu saja.

Oleh pemilik perusahaan yang memperbaiki limosin tersebut, kedua pelat nomor itu kemudian diambil dan diserahkan ke putrinya, Jane Walker.

Selama bertahun-tahun Jane menyimpannya di dalam laci dapur.

"Saya sadar akan nilainya. Beberapa kali saya menunjukkannya ke teman-teman,” kata Jane Walker, pewaris plat kendaraan bernomor G-300 itu.

Associated Press via BBC Pelat nomor kendaraan JFK yang laku terjual.
Namun, Jane kemudian memutuskan untuk menjual plat nomor tersebut melalui pelelangan di Kota Dallas. Semula pelelangan menduga kedua plat itu akan laku senilai 40.000 dolar AS.

Nilai itu terlampaui saat seorang kolektor barang-barang peninggalan Kennedy membelinya. Rumah lelang mengatakan sang kolektor enggan namanya dipublikasikan.

Selain plat limosin yang membawa Presiden Kennedy, rumah lelang itu juga menjual menu makan malam terakhir Titanic sebelum kapal tersebut tenggelam. Menu itu terjual seharga 118.750 dollar AS atau setara dengan Rp 1,6 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com