Kompas.com - 29/09/2015, 10:09 WIB
|
EditorEgidius Patnistik

SINGAPURA, KOMPAS.com — Rosman Anwar dan Khairani Abdul Rahman dijebloskan ke penjara Singapura karena terbukti bersalah telah menyiksa Solichah, seorang buruh migran asal Indonesia yang bekerja untuk mereka.

Harian Straits Times akhir pekan lalu melaporkan bahwa pasangan itu sebenarnya telah menerima vonis penjara mereka beberapa waktu lalu. Namun, persidangan memutuskan untuk memperberat hukuman. Rosman yang sehari-hari berprofesi sebagai petugas logistik akan mendekam di penjara selama 6 minggu, lebih berat 3 minggu dari vonis awal. Sementara istrinya diperberat hukumannya menjadi 8 minggu dari sebelumnya hanya 4 minggu.

Persidangan awal telah membuktikan penyiksaan yang kerap dilakukan kedua orang itu. Khairani terbukti sering menampar Solichah dan memukulnya dengan kursi plastik. Suaminya tidak kalah beringas, yaitu sering mendamprat dan menjambak rambut PRT malang itu.

Solichah yang saat ini sudah mempunyai majikan baru bersaksi tentang penderitaannya. Ia mengaku sering dianiaya saat hampir 21 bulan bekerja di rumah majikan lamanya itu di kawasan Sengkang. Penganiayaan ini mengakibatkan korban mengalami trauma berat.

Saat ini Solichah sudah bekerja di tempat barunya, tetapi masih sering sedih dan menangis setiap kali teringat mimpi buruk penyiksaan itu.

Komisioner Yudisial See Kee Oon menyatakan, hukuman awal terlalu ringan dan tidak setimpal dengan penderitaan berkepanjangan yang berdampak psikis bagi korban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.