Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/07/2015, 18:02 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Pemerintah Meksiko menawarkan imbalan 60 juta peso atau setara dengan Rp 50,6 miliar bagi siapa saja yang bisa memberi informasi terkait keberadaan gembong narkoba yang kabur dari penjara dengan keamanan tingkat tinggi.

Sebuah perburuan besar sedang berlangsung untuk mencari Joaquin "El Chapo" Guzman, yang keluar dari selnya pada Sabtu (11/7/2015) melalui terowongan sepanjang 1,5 kilometer.

Menteri Dalam Negeri Miguel Angel Osorio Chong menduga terdapat beberapa orang di dalam penjara yang membantu pelarian Guzman. Akibat kaburnya Guzman, tiga petugas senior penjara, termasuk direktur penjara Altiplano, telah diberhentikan.

Dikabarkan Guzman melarikan diri meskipun mengenakan gelang pemantauan dan mendapatkan pengawasan 24 jam. "Tidak akan ada istirahat bagi kriminal ini," kata Osorio Chong.

Pada Senin (13/7/2015), Osorio Chong mengunjungi penjara tempat Guzman pernah dikurung dan daerah sekitarnya untuk pertama kalinya sejak kaburnya sang gembong narkoba.

Osorio Chong tiba di Altiplano, 55 km dari Mexico City, dengan menggunakan helikopter dan didampingi sejumlah anggota kongres dan Komisioner Keamanan Nasional Monte Alejandro Rubio.

Setelah Guzman kabur, keamanan telah diperkuat di Meksiko. Penerbangan dari bandara Toluca dekat tempat kejadian dihentikan dan pos-pos pemeriksaan telah didirikan.

Guatemala juga meningkatkan pemeriksaan di sepanjang perbatasan utara dengan Meksiko setelah Guzman melarikan diri. Guzman ditangkap di negeri itu pada 1993. Dia kemudian dijebloskan ke penjara keamanan tinggi di Meksiko, Puente Grande, tapi melarikan diri pada 2001.

Selama beberapa tahun berikutnya, dia memperluas jangkauan organisasinya, kata wartawan BBC Juan Paullier di Mexico City. Analis memperingatkan hal yang sama bisa terjadi lagi apabila Guzman tidak berhasil ditangkap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com