Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tongsis "Diharamkan" di Istana Versailles

Kompas.com - 10/03/2015, 13:03 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Pengelola Istana Versailles di Perancis sudah melarang penggunaan alat untuk membantu pembuatan selfie yang belakangan dikenal dengan sebutan tongkat narsis atau tongsis.

Ribuan orang mengunjungi Versailles setiap harinya dan setiap ruangan di istana itu semakin padat dengan pengunjung. Manajer istana mengatakan muncul risiko bahwa tongsis bisa merusak karya seni yang tidak ternilai harganya di istana tersebut.

Versailes tampaknya merupakan museum pertama di Eropa yang melarang penggunaan tongsis, yang belakangan ini menjadi semakin populer di kalangan wisatawan. Dua museum besar lainnya di Perancis, yaitu Louvre dan Pompidou, dilaporkan sedang mempertimbangkan larangan serupa seperti yang diberlakukan di Istana Versailles.

Juru bicara Museum Louvre mengatakan, saat ini para pengguna diminta untuk menghormati "peraturan-peraturan" seperti tidak langsung menggunakan alat untuk menunjuk ke lukisan atau patung. Namun, belum ada larangan penggunaan tongsis.

Jaringan Museum Smithsonian di Amerika Serikat sudah lebih dulu melarang tongsis di dalam museum-museum miliknya, tetapi tetap menyarankan orang untuk mengambil foto narsis atau selfie.

Larangan itu ditempuh Smithsonian dengan alasan untuk melindungi pengunjung dan obyek museum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com