Kompas.com - 03/03/2015, 18:16 WIB
EditorErvan Hardoko
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seorang mantan pengemudi taksi di Washington DC, AS yang kemudian menjadi salah satu buronan yang paling dicari FBI telah ditangkap dan kini ditahan di Somalia.

Pada Januari lalu, FBI memasukkan nama warga AS kelahiran Somalia Liban Haji Mohammed (29) ke dalam daftar buronan setelah pria ini dituding menyediakan bantuan bagi kelompok militan Al-Shabaab.

Sejumlah sumber di AS mengatakan Mohamed ditangkap beberapa hari lalu oleh aparat keamanan Somalia. Sejauh ini belum diperoleh kepastian kapan pria yang kini ditahan di Somalia itu akan dikirim kembali ke AS.

Dulu, Mohamed tinggal di kawasan pinggiran sebelah utara Virginia dekat dengan ibu kota Washington DC. Di Amerika, Mohamed bekerja sebagai pengemudi taksi sebelum meninggalkan AS pada 2012.

FBI, yang kemudian mengumumkan Mohamed telah masuk ke dalam daftar buron, menyebut pria ini sebagai rekan paling dekat Zachary Chesser, seorang pria Virginia lain yang kini menjalani hukuman penjara 25 tahun.

Chesser dipenjara setelah ditangkap karena mencoba bergabung dengan Al-Shabaab dan mengancam pencipta kartun South Park yang dalam salah satu episodenya dianggap Chesser menghina Nabi Muhammad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.