Kompas.com - 28/01/2015, 06:20 WIB
EditorErvan Hardoko
LISBON, KOMPAS.com - Angkatan Darat Portugal yang sedang kekurangan anggaran berusaha mengisi kas mereka dengan menjual atau menyewakan sekitar 160 properti miliknya.

Di antara properti militer Portugal yang dijual atau disewakan adalah sejumlah barak, benteng, landasan udara dan beberapa rumah sakit militer.

Lewat upaya ini, angkatan darat berharap bisa mendapatkan dana sebesar 170 juta euro atau sekitar Rp 2,4 triliun yang akan digunakan untuk program modernisasi.

Dari target yang ditetapkan itu, pemerintah Portugal berharap bisa menghasilkan 32 juta euro pada 2015 dan 20 juta euro setiap tahun selama tujuh tahun selanjutnya.

Dokumen yang merinci properti militer yang dijajakan tidak dirilis secara resmi, namun setidaknya 12 benteng dan barak di seluruh Portugal dan tiga rumah sakit militer di ibu kota Lisbon ada dalam daftar jual.

Beberapa bangunan yang ditawarkan itu adalah bagian dari sejarah Portugal seperti Castelo do Quijo di kota Porto yang sudah digunakan sejak abad ke-17. Bangunan lainnya adalah benteng Fort do Alto do Duque yang dibangun pada abad ke-19 yang berdiri di kawasan wisata Belem, Lisbon.

Sederet properti itu dijual dalam skema program restrukturisasi besar-besaran angkatan darat. Tak hanya menjual aset, untuk menghemat anggara militer memangkas 10 persen prajuritnya hingga hanya menjadi 31.560 personel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.