Kompas.com - 17/11/2014, 05:41 WIB
|
EditorHindra Liauw

BRISBANE, KOMPAS.com – Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengatakan bahwa Menlu Indonesia yang baru, Retno LP Marsudi, adalah teman baiknya.

Ditemui di sela-sela perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi G-20 di Brisbane, Julie mengatakan bahwa ia sudah lama mengenal Retno.

“Ia adalah teman baik saya dari dulu. Saya sudah bertemu dengannya beberapa kali sejak ia masih menjadi Duta Besar Belanda,” tuturnya Minggu sore (16/11/2014) di gedung Brisbane Convention and Exhibition Center, tempat KTT G-20 berlangsung selama dua hari.

Selain Retno, Presiden Joko Widodo juga membawa Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto dan pengamat politik Rizal Sukma. Lebih dari 4.000 delegasi dari 20 negara dan 2.500 awak media berada di ibu kota negara bagian Queensland ini.    

“Karena teman baik, tentu saya bisa bekerja-sama dengan baik dengannya,” tutur Julie menjawab pertanyaan Kompas.com tentang menteri luar negeri wanita yang pertama ini.  

Penyelundupan manusia menjadi salah satu ganjalan dalam hubungan Indonesia-Australia. Awal tahun ini isu tentang penyadapan telepon mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sempat merenggangkan hubungan kedua negara.

Jokowi kembali ke tanah air Minggu malam (16/11/2014) setelah melakukan perjalanan perdana ke luar negeri selama seminggu, kurang dari sebulan sejak pelantikannya pada 20 Oktober. Jokowi menyusun kabinetnya seminggu setelah dilantik.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.