Kompas.com - 03/10/2014, 00:54 WIB
|
EditorHindra Liauw
HONGKONG, KOMPAS.com - Pemimpin Eksekutif Hongkong CY Leung menolak mengundurkan diri. Hal ini disampaikan merespon tuntutan pengunjuk rasa bahwa ia harus mengundurkan diri.

"Saya tidak akan mengundurkan diri karena saya harus melanjutkan pekerjaan saya untuk Pemilu," kata Leung kepada wartawan saat konferensi pers, Kamis (2/10/2014), atau beberapa menit sebelum tenggat waktu yang diberikannya kepada para demonstran untuk mundur.

Dia juga mengutus Kepala Sekretaris, Carrie Lam untuk membuka dialog dengan pemimpin mahasiswa yang berdemo, sesegera mungkin.

"Malam ini, Federasi Mahasiswa Hongkong mengirim surat terbuka untuk meminta pertemuan dengan kepala sekretaris, sebagai wakil pemerintah Hongkong. Mereka ingin membahas satu hal, dan ini ini adalah tentang pengembangan konstitusional Hongkong," kata Leung

Sebelumnya, demonstran pro-demokrasi ini sudah berkumpul dan menduduki gedung-gedung pemerintahan, kantor Leung dan kompleks pemerintahan pusat.

Steve Hui, juru bicara polisi Hongkong mengatakan, mereka tidak akan mentolerir semua tindakan ilegal demonstran di sekitar gedung pemerintahan.

"Polisi tidak akan berdiri dan menonton saja. Kami akan tegas menegakkan hukum," ujar Steve.

Selama beberapa hari terakhir, puluhan ribu orang terlibat dalam aksi protes menuntut Beijing menjamin pemilihan langsung yang bebas dari intervensi pemerintah pusat di kota semi-otonom tersebut.

Bulan lalu, Beijing mengatakan warga Hongkong bisa memberikan suara untuk memilih pemimpin baru mereka pada 2017. Namun, para kandidat yang berlaga dalam pemilihan itu hanyalah para politisi yang loyal terhadap partai.

Keputusan inilah yang memicu unjuk rasa karena warga Hongkong menyebut Beijing sedang mempraktikkan sebuah demokrasi palsu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber bbc.com
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.