Kompas.com - 19/08/2014, 20:24 WIB
EditorErvan Hardoko
RIYADH, KOMPAS.com — Ulama besar Arab Saudi Sheikh Abdul Aziz al-Sheikh, Selasa (19/8/2014), mengecam Al Qaeda dan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sebagai musuh nomor satu bagi Islam.

"Ide ekstremisme, radikalisme, dan terorisme tak ada kaitannya dengan Islam sehingga para pendukungnya adalah musuh nomor satu Islam," kata Sheikh Abdul Aziz di Riyadh.

"Umat Muslim adalah korban utama dari ekstremisme dan kejahatan yang dilakukan mereka yang menyebut diri sebagai Kekalifahan Islam, Al Qaeda, dan kelompok-kelompok yang mendukung mereka," tambah Sheikh Abdul Aziz.

Dia bahkan mengutip sebuah ayat dari kitab suci Al Quran yang mengizinkan penghukuman bagi mereka yang dianggap melakukan hal-hal yang menyakiti Islam.

Pernyataan Sheikh Abdul Aziz ini mewakili pendapat sebagian besar ulama Arab Saudi yang mengecam kebrutalan yang dilakukan ISIS, baik di Suriah maupun di Irak.

ISIS, yang terlebih dahulu sukses menancapkan kukunya di Suriah, melakukan serangan kilat di Irak pada 9 Juni lalu, dan berhasil mencaplok wilayah utara Irak yang cukup luas. Keberadaan ISIS di beberapa negara ini justru dianggap memecah belah umat Muslim dengan berdalih agama.

"Dalam Islam, setelah bidah, maka memecah belah umat Muslim adalah sebuah kejahatan terbesar. Toleransi adalah menjadi dasar perkembangan dan keberadaan Islam," tambah Sheikh Abdul Aziz.

Sementara itu, pada Juni lalu, Raja Abdullah juga telah menyatakan bahwa pemerintahannya tidak akan membiarkan kelompok ekstremis ISIS masuk ke wilayah kerajaan itu.

"Kami tidak akan membiarkan segelintir teroris menggunakan Islam untuk kepentingan pribadi, meneror umat Muslim dan rakyat negeri ini," kata Raja Abdullah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.