Kompas.com - 13/08/2014, 16:51 WIB
EditorErvan Hardoko
MOSKWA, KOMPAS.com — Konvoi ratusan truk yang membawa bantuan kemanusiaan Rusia untuk korban perang di Ukraina timur mulai bergerak menuju perbatasan, Rabu (13/8/2014), meski ditentang pemerintah Kiev.

"Konvoi bantuan kemanusiaan Putin tidak akan diizinkan melintasi perbatasan menuju wilayah Kharkiv. Kami tak akan izinkan provokasi dari agresor di wilayah kami," kata Menteri Dalam Negeri Ukraina Arsen Avakov lewat akun Facebook-nya.

Sekitar 280 truk mengangkut lebih dari 1.800 bantuan kemanusiaan, termasuk obat-obatan, makanan bayi, kantong tidur, dan generator listrik, kini bergerak menuju Ukraina.

Presiden Rusia Vladimir Putin memutuskan mengirimkan bantuan terkait kondisi yang sangat buruk di kota-kota Lugansk dan Donetsk yang dikuasai milisi pro-Rusia. Kedua kota tersebut kini dikepung pasukan Pemerintah Ukraina.

Namun, Kiev dan Barat khawatir pengiriman bantuan itu akan digunakan Moskwa sebagai samaran untuk mengirimkan pasukan ke dalam wilayah Ukraina.

Sejumlah media Rusia mengatakan, konvoi truk bantuan itu sudah melewati kota Voronezh yang berarti konvoi itu tinggal berjarak kurang dari 300 kilometer dari pintu perbatasan Shebekino.

Laporan stasiun televisi Rossiya TV dari Voronezh mengatakan, konvoi truk bantuan itu sudah menempuh perjalanan sejauh 500 kilometer dengan kecepatan rata-rata 60 kilometer per jam. Dengan kecepatan ini, iring-iringan truk itu akan tiba di perbatasan pada malam hari.

Kiev mengatakan, konvoi truk itu akan berhenti di perbatasan sehingga barang bantuan bisa diturunkan dan dibawa ke kawasan yang dilanda konflik dengan bantuan Komite Palang Merah Internasional (ICRC).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.