Kompas.com - 12/08/2014, 16:50 WIB
EditorErvan Hardoko
GENEVA, KOMPAS.com - Komite Palang Merah Internasional (ICRC), pada Senin (11/8/2014), mengatakan siap untuk membantu penyaluran bantuan kemanusiaan Rusia ke wilayah timur Ukraina yang dikoyak perang.

Namun, pada Selasa (12/8/2014), ICRC mengatakan masih menunggu konfirmasi bahwa persyaratan ketat yang diajukannya bisa dipenuhi. "Kami masih membutuhkan sejumlah informasi sebelum kami bisa melakukan sesuatu," kata juru bicara ICRC Anastasia Isyuk.

Saat ini, konvoi 280 truk Rusia sedang menuju ke Ukraina timur membawa 2.000 ton "bantuan kemanusiaan", sehari setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Rusia dan ICRC bekerja sama untuk salurkan bantuan ke Ukraina.

Rusia memaksa gencatan senjata kemanusiaan di Ukraina timur, di saat pasukan pemerintah Kiev terus bergerak maju dan mengepung kota-kota yang dikuasai pemberontak di wilayah itu.

Namun, negara-negara Barat khawatir bantuan kemanusiaan Rusia ini hanya sekadar kedok untuk menutupi pengiriman pasukan Rusia yang dikabarkan sudah ditumpuk di perbatasan kedua negara.

ICRC mengatakan sudah membahas masalah ini dengan pemerintah Ukraina dan Rusia serta telah memberikan sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar organisasi itu bisa membantu misi kemanusiaan ini.

"Kedua pihak harus sepakat bahwa ICRC yang akan mengantarkan bantuan demi prinsip netralitas, imparsialitas dan indenpendensi," kata ICRC.

ICRC juga mendesar Rusia untuk menyerahkan semua detil yang diperlukan untuk menyalurkan bantuan, termasuk berat dan jenis barang serta pengangkutan dan penyimpanan. Semua informasi itu sebelum bantuan diserahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.