Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2014, 14:02 WIB
EditorErvan Hardoko
BRASILIA, KOMPAS.com — Mantan pekerja NSA, Edward Snowden, yang kini tinggal di Rusia, dalam sebuah wawancara televisi pada Minggu (1/6/2014), menyatakan, dia sudah mengajukan permohonan suaka di Brasil.

"Saya ingin tinggal di Brasil," kata Snowden kepada stasiun televisi Brasil, Globo TV.

Dalam wawancara itu, Snowden mengatakan, secara resmi dia sudah mengajukan permohonan suaka kepada beberapa negara, termasuk Brasil.

Saat diwawancarai, Snowden didampingi Glenn Greenwald, seorang jurnalis AS yang tinggal di Brasil. Dia menulis untuk The Guardian dan banyak memublikasikan informasi yang dibocorkan Snowden.

Snowden menegaskan, dia tidak akan memberikan satu pun dokumen penting karena pemberian suaka harus didasari pertimbangan kemanusiaan.

Meski demikian, Snowden mengatakan, dia masih memiliki banyak dokumen yang akan diterbitkan terkait upaya AS memata-matai sejumlah negara termasuk Inggris dan Brasil.

Tahun lalu, Snowden pernah merilis dokumen yang berkaitan dengan upaya mata-mata AS di Brasil. Akibatnya, saat itu Presiden Brasil Dilma Rousseff membatalkan kunjungan kerjanya ke Washington.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Brasil sejauh ini belum menerima sebuah permintaan suaka yang berasal dari Edward Snowden.

Dalam wawancara sebelumnya dengan NBC, Snowden mengatakan, dirinya terbuka dengan tawaran pemberian amnesti dan ingin kembali pada suatu saat nanti.

Namun, Presiden Barack Obama mengatakan, Snowden dipersilakan pulang, tetapi dia harus menjalani sidang karena membeberkan informasi sensitif yang bisa menguntungkan musuh-musuh AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.