Kompas.com - 08/03/2014, 09:31 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

FLORIDA, KOMPAS.com - Gedung Putih mengeluarkan pernyataan bahwa Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah berbicara dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Jumat (7/3/2014) waktu setempat. Obama mendukung penyatuan sikap Amerika dan Eropa terkait krisis Ukraina.

Kedua pemimpin sepakat bahwa Rusia harus menarik mundur pasukannya dari Crimea, Ukraina. Rusia juga diminta mengizinkan pengamat internasional dan pemantau hak asasi manusia memasuki Crimea untuk memastikan hak etnis dilindungi.

Obama dan Merkel pun, kata pernyataan Gedung Putih itu, mendukung segera digelarnya pemilu presiden yang bebas dan adil di Ukraina. Menurut kedua pemimpin tersebut, Rusia juga dirasa perlu membentuk kelompok kontak untuk membuka diplomasi dengan Ukraina.

Pernyataan Gedung Putih menyebutkan pula bahwa Obama menelepon Merkel begitu tiba di Key Largo, Florida, untuk liburan akhir pekan bersama keluarga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.