Kompas.com - 27/12/2013, 09:16 WIB
EditorEgidius Patnistik
SHIJIAZHUANG, KOMPAS.COM - Anak Anda atau malah Anda sendiri sudah kecanduan internet dan ingin lepas dari ketergantungan berselancar di dunia maya? Para mahasiswa Universitas Sains dan Teknologi Hebei di ibu kota Provinsi Hebei, China utara, Shijiazhuang, ini mungkin punya jawabannya. Beberapa mahasiswa di universitas itu memutuskan untuk menekuni hobi merajut guna lepas dari kecanduan internet.

Menurut surat kabar setempat, Yanzhao Evening News, seperti dikutip portal Global Times, Rabu (25/12), makin banyak mahasiswa yang belajar dan menekuni hobi yang biasanya identik dengan kaum perempuan itu. ”Saya mulai merajut syal ini untuk menghentikan kecanduan internet,” tutur Tian Xuepeng (22), mahasiswa jurusan manajemen kendaraan, yang sedang sibuk membuat syal buat pacarnya.

Awalnya, Tian berusaha mengalihkan perhatian dari dunia maya dengan belajar main harmonika dan musik hip hop. Namun, semua itu gagal. Sampai suatu hari pacar Tian, Zhang Bo, mengusulkan ide baru. ”Bagaimana kalau kamu merajut syal buatku?” tutur Zhang, yang meminta Tian tak peduli jika ada orang yang menertawakannya.

Kini, setelah mulai mahir merajut, waktu Tian menekuni internet mulai berkurang. Menurut pemilik toko wol di dekat universitas itu, beberapa mahasiswa lain pun mulai datang untuk belajar dan berbelanja bahan-bahan merajut. Ada yang mau mencoba? (DHF)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.