Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2020, 11:02 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

AUCKLAND, KOMPAS.com - Seorang peselancar menceritakan bagaimana dia bertarung melawan seekor hiu besar dengan meninju matanya setelah dia diserang.

Nick Minogue (60), peselancar asal Auckland, Selandia Baru, diserang seekor hiu besar pada sabtu (22/02/2020) kemarin. Dia tengah melakukan surfing di pantai Pauanui di wilayah Coromandel.

Baca juga: Foto Selfie Membunuh Lebih Banyak Orang Ketimbang Serangan Ikan Hiu

Dia mengungkapkan melalui NZ Herald, "Aku tengah mendayung sendiri dan tiba-tiba seekor hiu putih menyerang (mengigit) siku tangan dan lengan bawahku."

Dia kemudian baru menyadari apa yang telah terjadi ketika gigi tajam hiu tersebut mengigit papan seluncurnya.

Tak lama, dia lalu ingat kalau hiu tidak suka jika ditinju di hidung atau pun matanya. "Maka aku mengumpat kepadanya sembari meninju matanya dan ia menghilang."

Tak lama, hiu itu muncul dan Minogue kembali meninjunya di bagian mata kanan hiu dan membentak hewan itu lagi. Menurutnya, mata hiu itu cukup besar sekitar tiga buku jari tangan. 

Dilansir dari Surfer Today, Hiu dan peselancar memang kerap tidak dapat dipisahkan. Hiu sendiri merupakan puncak dari rantai makanan di laut. Predator laut ini biasanya mengikuti insting mereka. 

Uniknya, meski mereka sesungguhnya tidak memakan manusia, mereka sering melakukan kesalahan. 

Hiu hanya makan singa laut, penyu, ikan, paus dan anjing laut. Namun mereka kerap tidak bisa membedakan peselancar yang sedang mendayung papan seluncur dengan penyu atau salah satu dari hewan yang menjadi makanan utamanya.

Serangan hiu biasa terjadi di dekat pantai, di daerah selancar dan pantai berpasir karena kebanyakan hewan yang dimangsanya berada di wilayah tersebut.

Namun serangan juga bisa terjadi di bawah laut di mana para penyelam berenang.

Dalam satu kali serangan, hiu mampu menancapkan gigi-gigi tajamnya untuk bergerak dengan tekanan 40 ribu pon per inci persegi dan sanggup menghancurkan daging juga tulang dalam sepersekian detik.

Hiu-hiu mematikan itu di antaranya adalah White Shark (Carcharodon Carcharias), Tiger Shark (Galeocerdo cuvier) dan Bull Shark (Carcharhinus leucas).

Baca juga: Hiu Berjalan Spesies Langka di Indonesia, Ini Keunikannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com