Kompas.com - 11/12/2013, 17:21 WIB
EditorErvan Hardoko
VILNIUS, KOMPAS.com - Ketua Uni Eropa, Lithuania, Rabu (11/12/2013), mengatakan pemerintah Ukraina telah kehilangan kredibilitas setelah pasukan keamanan negeri itu terlibat bentrok dengan pengunjuk rasa di Kiev.

Menteri Luar Negeri Lithuania Linas Linkevicius mengatakan, kekerasan yang digunakan terhadap para pengunjuk rasa menunjukkan pilihan pemerintah Ukraina dalam melawan Eropa.

"Pemerintah Ukraina dalam waktu singkat, khususnya setelah malam ini, sudah kehilangan kredibilitasnya," kata Linkevicius.

Pernyataan Linkevicius ini didukung Presiden Dalia Grybauskaite yang dalam pernyataan resminya mengatakan segala bentuk kekerasan yang digunakan untuk melawan pengunjuk rasa damai sama sekali tak bisa diterima.

"Ini merupakan tanggung jawab langsung para pemimpin politik Ukraina," kata Presiden Dalia.

Pernyataan keras dari Lithuania, yang saat ini menjabat ketua Uni Eropa, muncul setelah pasukan keamanan Ukraina membubarkan pengunjuk rasa yang selama sepekan menduduki Lapangan Kemerdekaan.

Pasukan keamanan Ukraina membongkar barikade yang dibangun para pengunjuk rasa di sekitar Lapangan Kemerdekaan. Para pengunjuk rasa ini marah atas penolakan Presiden Viktor Yanukovych terhadap sebuah pakta Uni Eropa.

Belakangan, aparat keamanan tidak jadi melaksanakan upaya merebut kembali lapangan tersebut dari tangan para pengunjuk rasa.

Bentrokan itu terjadi di saat Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton dan Wakil Menlu AS Victoria Nuland berada di Kiev untuk menggelar pembicaraan dengan semua pihak untuk mencari jalan keluar dari krisis ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.