Kompas.com - 05/12/2013, 19:08 WIB
EditorEgidius Patnistik

Ribuan sapi dari Australia bagian tengah sedang dikirim ke Darwin, yang terletak di bagian utara benua, untuk kemudian dikirim ke Indonesia dan Vietnam sebelum hari Natal.

Para produsen di daerah Alice Springs, yaitu daerah yang terletak lebih kurang di tengah benua Australia, di wilayah Australia utara, kembali aktif membuka pasar ekspor ternak hidup dikarenakan banyaknya permintaan dari Indonesia akan sapi potong berukuran besar.

Produsen di daerah ini kebanyakan menghasilkan sapi yang rasnya berasal dari Inggris.

“Menurut saya, tak pernah ada jumlah pengiriman setinggi yang kita alami dalam tiga atau empat minggu terakhir,” ucap Herbie Neville, salah satu agen, yang mengaku sudah bekerja di sana sejak tahun 1994.

Sapi di daerah Top End, yang terletak hampir di ujung benua Australia, dihargai hingga 2,25 dollar (Rp 24.000) per kilogram. Sapi dari bagian tengah Australia dihargai lebih rendah.

Menurut Neville, harga daging sapi daerah tersebut berkisar 2 dollar untuk sapi yang belum digemukkan dan 1,90 dollar untuk sapi yang siap disembelih.

Dia berharap perdagangan dan tingginya harga terus berlangsung hingga tahun depan.

“Tergantung apa yang akan terjadi pada musim panas ini. Kita perlu hujan untuk kembali memenuhi persediaan pakan kita,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.