Kompas.com - 08/11/2013, 12:56 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Sambangi Filipina sejak Kamis kemarin, Topan Yolanda atau Haiyan masih tetap bertiup kencang hingga Jumat. Tampaknya, Yolanda memang masih "betah" di Filipina. Otoritas Filipina dalam rilis terbarunya, tulis AP, pada hari ini, mengatakan kalau kecepatan topan itu bahkan menanjak ke posisi 275 kilometer per jam dari posisi awal 235 kilometer per jam.

Alhasil, angin superkencang plus hujan lebat berkepanjangan tercatat masih menerjang sebagian besar wilayah timur dan tengah Filipina.

Rinciannya, kata Pelayanan Astronomi, Geofisika, dan Atmosfer Filipina, Yolanda yang sempat memorakporandakan Provinsi Surigao del Sur sejak kemarin itu meluas juga ke Provinsi Samar pada Jumat pagi. Di situ, Yolanda membuat tanah longsor di Tolosa. "Angin kencang dan hujan deras akan terus berlangsung dua jam ke depan," kata lembaga itu.

Filipina adalah negara yang terletak di Sabuk Topan antara Samudera Pasifik dan Laut China Selatan. Rerata tiap tahun, ada 22 topan yang bertandang ke Filipina. Tak cuma diam, topan-topan itu pasti meluluhlantakkan wilayah-wilayah di Filipina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.