Kompas.com - 06/11/2013, 17:10 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Presiden Rusia Vladimir Putin mengkritik upaya mantan juara catur dunia Garry Kasparov yang ingin menjadi warga negara Latvia. Menurut warta Reuters pada Rabu (6/11/2013), Kasparov meminta para politisi Latvia menjamin kewarganegaraannya terkait aktivitas politiknya di Rusia.

 


Kasparov, pria berusia 50 tahun itu mengaku mendapat jaminan keamanan untuk bekerja "di Rusia dan di negara mana pun tempat hak-hak sipil ditolak dan norma demokrasi dilecehkan".

Usai menjadi olahragawan, Kasparov masuk dalam dunia politik, menjadi tokoh oposisi. Kini dia hidup di luar negeri.

Menurut Kasparov, ibu kandung anaknya, Vadim, adalah warga negara Latvia. Pada usia 14 tahun, perempuan ini memenangi kejuaraan catur penting di Uni Soviet.

Dalam surat yang ditulisnya di Latvia, Kasparov mengatakan, "Semua rakyat Latvia punya hak untuk mengemukakan opini mereka secara bebas."

Di dalam surat itu, Kasparov menuliskan kalau dirinya ingin mempertahankan kewarganegaraan Rusia sebaik mungkin.

Surat Kasparov dialamatkan pula untuk seluruh partai dan anggota independen di parlemen. Surat itu tidak ditujukan kepada Partai Pusat Harmoni. Informasi ini disampaikan oleh anggota parlemen partai itu, Andrejs Klementjenvs.

Partai Pusat Harmoni meneken perjanjian kerja sama pada 2009 dengan Partai Persatuan Rusia. Adalah Vladimir Putin yang menjadi pendiri Partai Persatuan Rusia.

Sementara itu, Latvia adalah negara independen bekas Uni Soviet. Latvia memproklamasikan kemerdekaan pada 21 Agustus 1991, tak lama setelah Uni Soviet runtuh.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.