Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembakan di Bandara Los Angeles, Setidaknya 1 Petugas Tewas

Kompas.com - 02/11/2013, 02:13 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Setidaknya satu petugas administrasi keamanan transportasi (TSA) Bandara Internasional Los Angeles dikabarkan tewas dalam insiden penembakan yang terjadi di bandara itu, Jumat (1/11/2013) waktu setempat. Korban disebut lebih dari satu orang.

"Satu petugas TSA itu, dan tiga atau empat petugas lain ditembak di sebuah pos pemeriksaan penumpang di LAX (Bandara Internasional LA)," ujar petugas federal yang tak disebutkan namanya, seperti dikutip dari Los Angeles Times, Jumat.

ABC News melaporkan pula bahwa satu petugas TSA tewas dan dua lainnya terluka dalam penembakan itu. Sementara Reuters masih terus mendapatkan konfirmasi soal jumlah korban, baik luka maupun tewas.

Tersangka pelaku penembakan kini sudah ditahan. Layanan penerbangan di bandara itu dihentikan total, kecuali layanan untuk kedatangan. Asisten Kepala Kepolisian Los Angeles (LAPD) Earl Paysinger mengatakan, tersangka terluka, tetapi tak merinci lebih lanjut.

Suara tembakan dilaporkan terdengar di Terminal 3, yang menjadi terminal keberangkatan maskapai Virgin Amerika dan beberapa maskapai lain. Juru bicara kepolisian, Norma Eisenman, mengatakan, tersangka terlibat baku tembak dengan polisi bandara sebelum ditangkap.

Sweeping ke seluruh area bandara pun dilakukan untuk mengantisipasi ancaman lain. Petugas penjinak bom turut dilibatkan dalam pembersihan ini. Eisenman mengatakan, kondisi para korban belum dapat dipastikan, sementara Paysinger mengatakan beberapa petugas TSA dilarikan ke rumah sakit.

Tayangan televisi memperlihatkan dua orang diangkut petugas pemadam kebakaran. Staf bandara pun mengevakuasi para calon penumpang. Seorang saksi, Brian Keech, kepada Associated Press mengatakan, ia mendengar tak kurang dari selusin tembakan dari dalam gerbang keamanan bandara.

Seluruh penerbangan dihentikan

Otoritas penerbangan Amerika (FAA) mengatakan, seluruh penerbangan dengan tujuan Bandara Internasional Los Angeles juga sudah diminta dihentikan. Artinya, penerbangan dari seluruh bandara di Amerika dengan tujuan Los Angeles tak bisa tinggal landas. Belakangan, beberapa penerbangan lain yang sudah mengudara pun tak diizinkan mendarat di Los Angeles.

Petugas pengontrol lalu lintas udara di Bandara Internasional Los Angeles, Michael Foote, mengatakan, hanya beberapa penerbangan yang masih diizinkan tinggal landas dari bandara itu. Dia dan rekan-rekannya menyaksikan bagaimana para penumpang meninggalkan terminal bandara ke jalanan. "Semua dievakuasi dari dalam bangunan, keluar secepat mungkin."

Salah satu calon penumpang yang gagal terbang dari Los Angeles, Natalie Morin, mengatakan, saat dia berada di dalam bandara tiba-tiba orang-orang mulai saling mengabarkan telah terjadi penembakan. "Orang-orang mulai mengatakan ada penembak, ada penembak," kata dia yang seharusnya terbang menuju San Francisco untuk wawancara ke pendidikan pascasarjana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com