Kompas.com - 30/10/2013, 20:45 WIB
EditorErvan Hardoko
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Siapa tokoh paling berpengaruh di dunia pada 2013? Majalah terbitan AS, Forbes, punya jawabannya. Menurut majalah ini, tokoh paling berpengaruh tahun ini adalah Presiden Rusia Vladimir Putin.

Terpilihnya Vladimir Putin ini menggeser posisi Presiden AS Barack Obama ke peringkat kedua, diikuti Ketua Partai Komunis China, Xi Jinping.

Salah satu hal yang menyebabkan Putin bisa menggeser Obama dari posisi tokoh paling berpengaruh adalah perannya mendesak Presiden Suriah Bashar al-Assad menyerahkan semua persenjataan nuklirnya kepada dunia internasional untuk dihancurkan.

Ini adalah kali pertama Vladimir Putin dinobatkan menjadi orang paling berpengaruh di dunia. Sebelumnya, Barack Obama menguasai tampuk pimpinan daftar ini setiap tahun, kecuali 2010, ketika posisinya direbut Hu Jintao.

Meski demikian, pilihan Forbes terhadap sosok Putin ini banyak mendapatkan pertanyaan dan dianggap hanya didasarkan pada opini semata. Namun, manajemen Forbes menegaskan tim penilainya memiliki kriteria ketat untuk pemilihan tokoh paling berpengaruh ini.

Beberapa kriteria itu adalah berapa banyak rakyat yang diperintah, berapa banyak uang yang mereka kuasai, seberapa besar pengaruh mereka, dan seberapa aktif mereka menggunakan pengaruhnya untuk mengubah dunia.

Di posisi 10 besar dihuni Paus Fransiskus, Kanselir Angela Merkel, Bill Gates, Ketua Bank Sentral AS Ben Bernanke, Raja Arab Saudi Abdullah, Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi, dan CEO Wal-Mart Michael Duke.

Sementara dari Asia terdapat nama-nama seperti Wakil PM China Li Keqiang (14), Sonia Gandhi (21), Ali Khamenei (23), Manmohan Singh (28), Kim Jong Un (46), Presiden Korsel Park Geun-hye (52), dan PM Jepang Shinzo Abe (57).


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.