Kompas.com - 17/09/2013, 13:19 WIB
EditorEgidius Patnistik
Seekor singa menerkam penjaga kandang dan menggigitnya hingga tewas di Kebun Bintang Addis Ababa, ibu kota Etiopia.

Sang penjaga naas itu diduga lupa mengunci pintu kandang kecil ketika Kenenisa, nama si singa, tidur. Saat Abera Silsay, 51 tahun, tengah membuka kandang, ia langsung diterkam dan digigit di bagian leher.

Menurut pengelola kebun binatang, pergumulan tak seimbang ini berakhir dalam waktu sekitar 15 menit dan setelah insiden mengerikan ini kebun binatang ditutup untuk umum Senin (16/9/2013) kemarin.

Namun, menurut wartawan BBC setempat, Emmanuel Igunza, beberapa jam setelah kejadian pada Senin pagi, ia masih melihat sepatu milik penjaga tergeletak di kandang, sementara singa berumur tujuh tahun itu berbaring di dekatnya.

Saat kejadian, penjaga lain mencoba menyelamatkan rekan mereka dengan menembakkan senapan ke udara untuk menakuti si singa, tetapi tak berhasil.

Tewas di tempat

Abera diserang saat hendak membersihkan kandang. "Dia masuk kandang nomor 10 tempat Kenenisa, lalu lupa mengunci pintu (ke arah kamar singa tidur)," kata Direktur Kebun Binatang tersebut Musie Kiflom, seperti dikutip kantor berita AFP.

"Akhirnya dia diterkam."

Kepada wartawan, Musie mengatakan polisi juga sempat dipanggil, tetapi "sangat sulit menyelamatkan sejawat kami". Penjaga malang itu akhirnya tewas di tempat.

Kebun binatang ini dibuka tahun 1948 dan singa Kenenisa, dinamai seperti nama pemegang rekor lari jarak jauh dunia Kenenisa Bakele asal Etiopia, adalah binatang kesayangan mantan Kaisar Haile Selassie.

Menurut pengelola, sekitar 2.000 orang setiap hari mengunjungi taman satwa tersebut.

Singa Abyssinia, seperti Kenenisa, adalah hewan langka, dan kebun binatang ini memiliki koleksi 15 ekor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.