Kompas.com - 12/09/2013, 15:54 WIB
EditorErvan Hardoko
PARIS, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Perancis, Laurent Fabius, Kamis (12/9/2013), mengatakan laporan hasil pemeriksaan tim PBB terkait serangan senjata kimia di Suriah "kemungkinan" akan dipublikasikan pada Senin pekan depan.

"Tim PBB akan mengatakan telah terjadi pembantaian menggunakan senjata kimia," kata Fabius kepada Radio Perancis.

Tim penyidik PBB meninggalkan Suriah pada 31 Agustus lalu setelah mengumpulkan berbagai bukti terkait penyelidikan serangan senjata kimia pada 21 Agustus di pinggiran ibu kota Damaskus.

Pemerintah AS dan sekutunya sangat yakin rezim Presiden Bashar al-Assad adalah dalang serangan senjata kimia itu. Namun, tudingan itu dibantah Suriah yang disokong sekutunya, Rusia.

Sementara itu sejumlah sumber mengatakan laporan PBB nanti tidak akan secara eksplisit menuding pelaku serangan tersebut.

Meski demikian, berdasarkan laporan tim PBB dunia bisa menyimpulkan sendiri pihak yang paling bertanggung jawab atas serangan nuklir itu.

Laporan PBB itu nantinya akan menjadi salah satu sumber tawar menawar antara Moskwa dan Barat terkait rencana penyerahan senjata kimia Suriah ke PBB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.