Kompas.com - 14/08/2013, 21:45 WIB
EditorErvan Hardoko
NEW YORK, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Rabu (14/8/2013), mengecam penyerbuan polisi terhadap para pengunjuk rasa pendukung Muhammad Mursi yang mengakibatkan ratusan orang tewas dan terluka.

"Setelah mendengar kabar soal kekerasan hari ini, sekretaris jendera mendesak agar warga Mesir berkonsentrasi mencari jalan rekonsiliasi inklusif," kata juru bicara PBB, Martin Nesirky.

PBB, lanjut Nesirky, masih terus mengumpulkan informasi terkait kekerasan yang terjadi di Mesir.

"Nampaknya kekerasan ini mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia atau terluka," tambah Nesirky.

"Sekretaris jenderal mengecam keras kekerasan di Kairo yang dipicu upaya aparat keamanan membubarkan demonstrasi di Kairo," tambah dia.

Nesirky menegaskan, Sekjen PBB meyerukan agar kedua pihak menahan diri untuk mencegah jatuhnya korban jiwa lebih banyak lagi.

"Sekretaris jenderal juga menyesalkan keputusan pemerintah Mesir menggunakan kekerasan dalam merespon unjuk rasa," papar Nesirky.

"Beliau menyampaikan bela sungkawa untuk keluarga korban dan berharap korban luka bisa segera pulih," pungkas Nesirky.

Sejauh ini jumlah korban tewas dan luka belum dapat dipastikan. Namun, wartawan AFP setelah melihat di tiga ruang jenazah di Kairo melaporkan sedikitnya 124 orang tewas.

Sedangkan pihak Ikhwanul Muslimin mengklaim lebih dari 250 orang tewas dan ribuan lainnya terluka akibat bentrokan dengan polisi.

Lihat foto lengkap dalam album: Pembantaian di Mesir

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.