Kompas.com - 24/07/2013, 06:41 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

ADELAIDE, KOMPAS.com — Sebuah mobil yang melaju dengan dua ban kempes dihentikan polisi di kawasan Gilles Plains di kota Adelaide, negara bagian Australia Selatan. Setelah berhenti, ketahuan bahwa mobil itu dikemudikan seorang pria berusia 38 tahun, tanpa menggunakan alat kemudi alias setir.

Sedan putih Holden itu ternyata hanya dikemudikan dengan sebuah tang, yang dijepitkan pada mur di ujung batang kemudi. Selama mengendarai mobil itu, lelaki tersebut menggerakkan tang ke kiri dan kanan untuk mengendalikan arah laju kendaraan.

Dikutip dari The Telegraph edisi Selasa (23/7/2013), pengemudi itu akhirnya ditahan polisi. Selain pelanggaran keamanan mengemudi, dia ditahan juga karena mobil yang dikendarainya tak dilengkapi surat kendaraan dan asuransi. Terlebih lagi diketahui kemudian bahwa lelaki itu adalah narapidana yang baru saja mendapatkan pembebasan bersyarat dan telat melaporkan diri sesuai ketentuan.

Berdasarkan pemeriksaan fisik, polisi juga mendapatkan lelaki itu dalam pengaruh obat terlarang saat mengemudi tanpa setir. Kepolisian setempat juga menduga mobil ini terlibat tabrak lari sebelum dihentikan oleh polisi patroli. 

Polisi Adelaide menggelar operasi ketertiban berlalu lintas sepanjang Juli 2013. Dari operasi tersebut, mereka menjaring 1.700 pengemudi yang menggunakan telepon genggam atau tak mengenakan sabuk pengaman selama mengemudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.