Kompas.com - 04/07/2013, 20:56 WIB
EditorErvan Hardoko
DALLAS, KOMPAS.com — Sebagian besar orang mungkin akan enggan mengenakan pakaian yang sama selama bertahun-tahun. Namun, tidak dengan Dale Irby, seorang guru asal Dallas, Texas, Amerika Serikat.

Tak seperti kebanyakan orang, Dale Irby (63) mengenakan pakaian yang sama untuk keperluan foto buku tahunan sekolah sejak 1973 hingga saat pensiunnya tahun ini.

Kisah Dle yang mengenakan pakaian yang sama selama 40 tahun itu dimuat harian Dallas Morning  News, baik dalam edisi cetak maupun online. Akibatnya, foto Dale dan pakaian "kebesarannya" menarik kunjungan 1,3 juta orang ke situs harian tersebut.

Dale mengatakan, kebiasaannya mengenakan rompi coklat melapisi kemeja berwarna krem untuk buku tahunan SD Prestonwood berawal dari sebuah kebetulan.

Dale yang adalah guru senam hampir tidak pernah mengenakan pakaian formal di sekolahnya. Nah, ketika sekolah meminta para guru mengenakan pakaian "terbaik" untuk foto buku tahunan pada 1973, Dale mengenakan salah satu pakaian formal yang dimilikinya.

"Saya sangat malu ketika pada tahun kedua saya masih mengenakan pakaian yang sama dengan tahun sebelumnya," kata Dale.

Namun, pada tahun ketiga, sang istri, Cathy, menantangnya untuk kembali mengenakan kombinasi pakaian yang sama untuk tiga tahun berturut-turut.

Atas desakan istrinya, Dale mengenakan setelan yang sama untuk ketiga kalinya. Ternyata, aksinya justru mendapat dukungan para murid dan mereka terus memintanya mengenakan pakaian yang sama setiap tahun.

"Setelah lima kali, akhirnya saya berpikir mengapa harus berhenti?" kenang Dale.

Setelah 40 tahun, akhirnya Dale tidak akan mengenakan setelan kebanggaannya itu lagi karena dia resmi pensiun tahun ini.

"Tetapi, setelan itu masih muat di badan saya jika saya sedikit menahan napas," ujar Dale sambil tertawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.