Kompas.com - 24/06/2013, 02:42 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

MOSKWA, KOMPAS.com — Penemu senapan legendaris AK-47 dilarikan ke rumah sakit, Minggu (23/6/2013). Dikutip dari kantor berita AP, Kementerian Darurat Rusia mengirim sebuah pesawat terbang yang dilengkapi peralatan medis guna membawa Mikhail Kalashnikov dari rumahnya di Izhevsk ke Moskwa untuk mendapatkan perawatan medis.

Saat ini Kalashnikov berusia 93 tahun. Kota Izhevsk berjarak sekitar 1.000 kilometer di sisi timur Moskwa. Di kota ini, Kalashnikov lahir dan kini tinggal. Sebelumnya, pada Mei 2013, Kalashnikov sempat menghabiskan waktu dua pekan di klinik kardiologi di Izhevsk.

Senapan AK-47 merupakan senjata serbu paling populer di dunia. Diperkirakan saat ini ada 100 juta senapan AK-47 beredar di seluruh dunia. AK merupakan kependekan dari "Avtomat Kalashnikov" atau Kalashnikov Otomatis. Sementara itu, angka 47 merupakan penanda tahun ketika senapan tersebut mulai diproduksi massal.

Kalashnikov, yang dulu adalah mekanik pada divisi tank Uni Soviet, tetap bekerja sampai usia 80 tahun sebagai kepala desainer di Izhmash. Ini adalah sebuah pabrik di Izhevsk, yang dulu juga merupakan tempat AK-47 dibuat untuk kali pertama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.