Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Vladimir Putin Dituduh "Mencuri" Cincin Pebisnis AS

Kompas.com - 17/06/2013, 18:47 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Dalam tradisi olahraga Amerika Serikat, salah satu tanda seorang atlet atau tim berhasil menjuarai sebuah kompetisi adalah sebuah cincin berlian.

Di seluruh kompetisi olahraga AS, seperti basket NBA atau sepak bola ala Amerika NFL, cincin juara menjadi dambaan semua atlet yang terlibat dalam kompetisi.

Nah, pemilik klub NFL New England Patriot Robert Kraft memiliki tiga buah cincin seperti itu yang menandai prestasi timnya menjuarai kompetisi NFL 2001, 2003, dan 2004.

Sayangnya, cincin juara NFL 2004 hilang dengan cara yang tak lazim, yaitu "diambil" Presiden Rusia Vladimir Putin.

Ceritanya berawal saat Kraft bertemu Putin dalam sebuah pertemuan pebisnis dan pemimpin politik di Istana Konstantinovsky, dekat kota St Petersburg, Rusia, pada Juni 2005.

Kraft dan Putin sempat berbincang sejenak. Dalam kesempatan itu, Kraft sempat memperlihatkan cincin juara NFL 2004 miliknya kepada Putin.

Kraft melepas cincinnya dan memberikannya kepada Putin yang kemudian melihat-lihatnya. Tanpa dinyana, Putin kemudian mengantungi cincin itu dan berlalu begitu saja.

"Saya memperlihatkan cincin juara terakhir saya. Putin sangat jelas tertarik dengan keunikannya," kata Kraft.

Menurut harian The New York Post, Kraft tidak bermaksud memberikannya untuk Vladimir Putin.

"Saya melepas cincin itu, memperlihatkannya kepada Putin. Dia mengenakannya lalu pergi berlalu," ujar Kraft.

"Putin memasukkan cincin itu ke dalam kantung jasnya, lalu bersama tiga orang pengawalnya dia pergi begitu saja," kenang Kraft.

Sementara itu, Presiden Vladimir Putin membantah klaim bahwa dia telah mencuri cincin Super Bowl dari pemilik New England Patriot, Robert Kraft.

Juru bicara Vladimir Putin, Dmitry Peskov, mengatakan, Kraft menawarkan cincin berharga 25.000 dollar itu sebagai hadiah untuk Presiden Putin.

"Cincin itu kini disimpan di museum Kremlin, bersama dengan berbagai cendera mata dari seluruh dunia," ujar Peskov kepada CNN, Minggu (16/6/2013).

Peskov menambahkan, dirinya tidak memahami mengapa Kraft, yang adalah seorang miliuner, menuduh Putin mencuri cincinnya.

"Apa yang dikatakan Tuan Kraft sangat aneh. Saya berdiri hanya sekitar 20 sentimeter dari Kraft dan Presiden Putin. Saya melihat dan mendengar bagaimana Kraft menawarkan cincin itu sebagai hadiah," ujar Peskov.

"Cincin itu ada di museum saat ini, dan Presiden Putin tidak pernah menginginkan cincin itu untuk dirinya sendiri," Peskov menegaskan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com