Salin Artikel

Ekspor Suku Cadang Pesawat ke Iran, Warga Indonesia Didakwa Langgar Sanksi AS

Alasannya, warga itu dituding telah melakukan ekspor suku cadang pesawat, baik baru atau pun bekas, bernilai jutaan dollar ke perusahaan yang masuk daftar hitam.

Warga Indonesia yang didakwa AS itu diidentifikasi bernama Sunarko Kuntjoro, Presiden Direktur PT MS Aero Support.

Berdasarkan gugatan yang didaftarkan, Sunarko disebut mengekspor suku cadang pesawat buatan AS ke maskapai Mahan Air.

Dilansir AFP Selasa (17/12/2019), Sunarko melanggar sanksi AS terhadap Iran pada periode 2011 hingga 2018, dalam gugatan yang didaftarkan di Washington.

Warga Indonesia itu disebut juga mengapalkan beberapa bagian ke AS untuk diperbaiki, dan kemudian mengirimnya lagi ke Teheran.

Dalam rilisnya, Kementerian Kehakiman AS mendakwa warga Indonesia itu dengan delapan tuduhan. Antara lain pelanggaran sanksi.

Kemudian pencucian uang, dan keterangan palsu yang diberikan Sunarko, PT MS Aero Support, dan dua perusahaan Indonesia lainnya.

Tuduhan itu menyatakan pria itu menyembunyikan keterlibatan Iran dengan melakukan ekspor melewati Singapura, Hong Kong, dan Thailand.

Setelah itu, Sunarko Kuntjoro dituduh memberikan tagihan senilai jutaan dollar AS kepada Iran atas biaya perbaikan suku cadang tersebut.

Sanksi AS dengan jelas menyebut melarang setiap negara menjual produk mereka ke Iran tanpa sepengetahuan Washington.

Mahan Air, maskapai yang melayani 66 rute penerbangan, disanksi Washington setelah diduga berhubungan dengan Garda Revolusi Iran.

Perusahaan yang didirikan pada 1991 itu dilaporkan kesulitan terbang karena kurangnya suku cadang atas pesawat buatan AS seperti Boeing.

https://internasional.kompas.com/read/2019/12/18/09303231/ekspor-suku-cadang-pesawat-ke-iran-warga-indonesia-didakwa-langgar

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.