Salin Artikel

Telinga Politisi Hong Kong Ini Putus Digigit karena "Perbedaan Politik"

Dalam rekaman yang beredar seperti dikutip Sky News Minggu (3/11/2019), terlihat sebagian telinga kiri Dr Andrew Chiu tercecer di jalan.

Video itu menunjukkan terdapat paramedis yang menangani cedera Chiu, dengan benda yang disebut potongan telinganya dimasukkan kantong plastik.

Dalam pemberitaan media Hong Kong, telinga politisi distrik setempat itu digigit hingga putus, dengan polisi menyatakan karena "perbedaan politik".

Polisi menuturkan, kejadian bermula ketika seorang pria bertengkar dengan keluarga sehabis makan malam di pusat perbelanjaan Cityplaza di Distrik Taikoo Shing Minggu malam waktu setempat.

Seorang perempuan yang terluka dalam insiden itu mengungkapkan, pria tersebut awalnya bersitegang dengan saudarinya dan ipar sebelum mengeluarkan pisau dari tas dan menyerang mereka.

Perempuan itu mengatakan saudara iparnya ditusuk, dan kemudian dia melihat seorang pria terbaring pingsan di tengah genangan darah.

Tidak dijelaskan bagaimana Chiu terlibat. Dikutip BBC, dia nampaknya berusaha mencegah serangan ketika ada pria yang menggigitnya.

Andrew Chiu menjadi anggota dewan dari area Taikoo Shing Barat sejak 2007, dan berniat maju lagi pada pemilihan 24 November mendatang.

Salah seorang pemimpin aktivis pergerakan pro-demokrasi Hong Kong, Joshua Wong, membenarkan Chiu diserang di lokasi konstitusinya.

"Telinga kirinya secara brutal digigit. Saya mengecam dengan keras kekerasan yang terutama menyasar kandidat pemilihan," kata Wong.

Adapun si penyerang mengalami luka setelah babak belur dihajar oleh massa, sebelum polisi datang dan langsung menangkapnya.

Perkelahian itu terjadi setelah polisi anti-huru hara ditempatkan di seantero mall sepanjang Minggu pasca-ratusan orang turun ke jalan menentang larangan berunjuk rasa.

Bentrokan antara demonstran dengan penegak hukum pun tak terhindari, dengan sejumlah restoran dirusak, dan telur dilempar ke dinding mall.

Sudah 22 pekan demonstrasi terjadi setelah publik Hong Kong menentang usulan UU Ekstradisi yang bisa membawa pelaku kejahatan hingga ke China daratan.

Protes itu berubah menjadi pergerakan anti-pemerintah setelah Kepala Eksekutif Carrie Lam dituduh terlalu tunduk kepada Beijing.

https://internasional.kompas.com/read/2019/11/04/14500211/telinga-politisi-hong-kong-ini-putus-digigit-karena-perbedaan-politik

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.