Salin Artikel

Jamal Khashoggi Hilang, Konferensi Investasi Riyadh Terancam Batal

Lebih dari itu, krisis ini mengakibatkan konferensi investasi yang akan digelar di Riyadh kehilangan gregetnya.

Hal itu terjadi ketika tiga menteri negara Eropa dan para CEO perusahaan raksasa dunia pada Kamis (18/10/2018) membatalkan kehadiran mereka dalam gelaran acara itu.

Padahal, tidak hadir dalam konferensi ini bisa membuat perusahaan-perusahaan besar ini kehilangan peluang bisnis di Arab Saudi.

Sementara itu, negara-negara semacam Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis memiliki kesepakatan bisnis pertahanan yang dipertaruhkan.

Namun, klaim Turki yang menyebut Khashoggi dibunuh tim khusus di konsulat Saudi di Istanbul membuat negara-negara ini berada dalam posisi sulit.

Direktur IMF Christine Lagarde sudah menarik diri dari pertemuan bertajuk Inisiatif Investasi Masa Depan yang akan digelar pada 23-25 Oktober di Riyadh.

Sebelumnya konferensi ini digadang-gadang sebagai percontohan reformasi ekonomi yang digagas putra mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman.

Menteri Keuangan AS Steven Munchkin belum memutuskan soal kehadirannya. Sementara Menteri Ekonomi Perancis Bruno Le Marie dan Menteri Keungan Belanda Wopke Hoekstra sudah menarik diri.

Berikut nama-nama pejabat dan para petinggi perusahaan yang batal hadir di Riyadh.

Selain itu sejumlah media juga batal meliput konferensi itu termasuk CNN, Bloomberg, The Economist, The New York Times, CNBC, dan The Financial Times.

https://internasional.kompas.com/read/2018/10/18/21202111/jamal-khashoggi-hilang-konferensi-investasi-riyadh-terancam-batal

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.