Salin Artikel

Di New York, PM Israel Bertemu dengan Sejumlah Pemimpin Negara Arab

Pertemuan itu digelar di New York, Amerika Serikat di sela-sela Sidang Umum ke-73 PBB. Demikian dikabarkan Middle East Monitor, Senin (1/10/2018).

Jurnalis harian tersebut Yossi Melman mendapatkan informasi tersebut dari Menteri Komunikasi Ayoob Kara.

Kara mengatakan, pertemuan tersebut digelar pada Jumat (28/9/2018) dengan beberapa pemimpin negara Arab yang tidak disebutkan namanya.

Salah satu pemimpin negara Arab yang  bertemu Netanyahu adalah Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi.

Sementara itu, situs berita i24News mengabarkan, dalam pertemuan itu Presiden Al-Sisi mengatakan, bahwa dirinya amat memercayai Netanyahu.

Situs berita Israel itu menambahkan, Netanyahu meminta Presiden Al-Sisi agar menekan Presiden Palestina Mahmoud Abbas terkait masalah di Jalur Gaza.

"Pertemuan antara Netanyahu dan Al-Sisi digelar dalam suasana bersahabat dan kedua pemimpin saling bertukar pandangan tentang berbagai kepentingan bersama," demikian ditulis situs berita tersebut.

Sebelumnya, pemerintah Mesir mengatakan, diskusi antara Al-Sisi dan Netanyahu merupakan salah satu cara untuk menegaskan proses perdamaian antara Palestina dan Israel.

Sedangkan, harian terbitan Lebanon Al-Akhbar mengutip sejumlah sumber menyebut Al-Sisi menawarkan kepada Netanyahu bahwa Mesir bersedia menjadi tempat negosiasi Israel dan Palestina.

Harian Al-Akhbar menambahkan, dalam pertemuan itu juga dibicarakan permintaan Israel untuk menggelar pertemuan resmi lagi di Kairo dan Sharm El Sheikh dalam waktu dekat.

Pemerintah Israel menganggap hubungan dengan Presiden Al-Sisi adalah yang paling dekat dibanding dengan negara-negara Arab lainnya.

Bahkan Israel dan Mesir sudah mencapai level hubungan yang tidak pernah dicapai selama masa pemerintahan para pendahulu Al-Sisi.

Bahkan kordinasi keamanan di antara kedua negara sudah mencapai level yang tak pernah terjadi sebelumnya, terutama terkait Sinai tempat operasi militer menghadapi sejumlah kelompok bersenjata digelar.

https://internasional.kompas.com/read/2018/10/01/16411771/di-new-york-pm-israel-bertemu-dengan-sejumlah-pemimpin-negara-arab

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke