Salin Artikel

Komplotan Pencuri "Diimpor" dari Chile untuk Sasar Rumah Warga Kaya

Mereka diterbangkan ke London oleh sebuah geng kriminal untuk menyasar rumah-rumah warga kaya di bagian tenggara Inggris.

Para perampok menyasar ratusan rumah dan berhasil mengumpulkan barang-barang mewah senilai lebih dari 1 juta poundsterling atau sekitar Rp18 miliar yang mereka kirimkan ke luar negeri.

Polisi berhasil menghentikan aksi geng kriminal itu setelah melacak kendaraan-kendaraan yang digunakan dalam beberapa perampokan.

Dalam delapan bulan terakhir, Kepolisian Metro London telah menangkap 36 tersangka, sementara 39 orang lainnya ditahan satuan lainnya.

Penyelidikan dengan sandi Operation Genie digelar menyusul serentetan perampokan di London dan Surrey pada 2017.

Para detektif melacak kendaraan-kendaraan yang digunakan para tersangka dan mendapati para perampok ini melakukan kejahatan sepekan setelah mereka terbang ke Inggris.

Geng kriminal ini memilih sasaran dengan cermat, lalu mereka mencuri barang-barang di rumah yang kosong dan lokasinya terpencil.

Dalam melakukan aksinya, para perampok naik ke lantai atas melalui bagian atap yang rendah atau menggunakan kursi taman, sehingga lolos dari sensor alarm di lantai dasar.

Mereka kemudian menggondol berbagai benda seperti pakaian rancangan desainer, tas, perhiasan dan jam tangan.

Dari para tersangka yang ditahan di London, 16 di antaranya telah dihukum karena aksi kejahatan terkait perampokan dan delapan orang lainnya dideportasi.

Sementara dua belas orang lainnya meninggalkan Inggris setelah dibebaskan. Para tersangka lain ditahan di Hertfordshire, Surrey dan Sussex.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/28/17352051/komplotan-pencuri-diimpor-dari-chile-untuk-sasar-rumah-warga-kaya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke