Salin Artikel

Berita Populer: Timteng Kian Panas, hingga Pesawat Kim Jong Un Tak Layak

Apapun pilihan Anda dalam berlibur, jangan lupa mengisi pagi ini dengan sejumlah berita populer dari belahan dunia sepanjang Kamis (12/4/2018) hingga Jumat (13/4/2018) pagi.

Seperti, jika Amerika Serikat benar-benar menyerang Suriah, konflik besar baru kemungkinan bakal pecah di Timur Tengah sehingga situasi kian memanas.

Kemudian, Para analis memprediksi Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bakal bertemu di Swiss, Islandia, atau Swedia.

Namun, jika di luar negara tersebut, Kim bakal mendapat kesulitan karena tidak mempunyai pesawat yang layak.

Berikut rangkuman empat berita populer kanal internasional yang sebaiknya Anda baca.

1. Timteng Kian Panas, Begini Perimbangan Militer AS, Suriah, dan Rusia

Peralatan militer kelas berat milik AS dan sekutunya sudah mulai bergerak ke Laut Tengah, sedangkan Rusia mempersiapkan sistem pertahanan canggih di Damaskus dan sekitarnya.

Kemungkinan besar AS dan sekutunya tidak akan mengerahkan pasukan daratnya ke Suriah. Artinya, AS akan mengandalkan kapal-kapal perang dan jet-jet tempurnya untuk menggempur pasukan Bashar al-Assad.

Paman Sam tak sendirian, seperti biasa Inggris dan Perancis siap membantu. Inggris sudah menyiapkan sejumlah peralatan tempur di pangkalan militernya di Siprus.

Lalu seperti apa perimbangan militer AS, Suriah, dan Rusia secara lengkap? Klik tautan di sini.

2. Rusia Siapkan Pertahanan "Cincin Baja" untuk Lindungi Suriah

Situasi di Suriah semakin tegang terkait pernyataan Presiden AS Donald Trump yang mengancam akan melakukan serangan militer ke negeri itu.

Menghadapi ancaman tersebut, sebagai sekutu terdekat Suriah, pemerintah Rusia menyediakan sistem perlindungan "cincin baja" di sekitar ibu kota Suriah.

Perlindungan ini berupa sistem pertahanan udara canggih S-400 yang disiapkan Kremlin untuk melindungi Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Berita selengkapnya klik tautan di sini.

3. Menolak Saat Diminta Menari, Biduan Hamil Ditembak Penontonnya

Seorang biduan asal Pakistan, Samina Samoon (24) ditembak salah seorang penonton saat sedang tampil "manggung", Selasa (10/4/2018).

Saat itu, biduan yang dikenal dengan nama panggung Samina Sindhu ini tengah tampil dalam sebuah perayaan di Distrik Larkana, provinsi Sindh bersama kelompok musiknya

Di sela-sela aksi panggungnya, seorang pria bernama Tarique Ahmed Jatoi menghampiri sang penyanyi dan meminta Samina menari sambil bernyanyi. Namun biduan itu menolak permintaan Tarique.

Ternyata penolakan itu membuat Tarique berang. Pria tersebut kemudian mencbut pistolnya dan menembak Samina.

Berita selengkapnya klik tautan di sini.

4. Analis: Pesawat Kim Jong Un Tidak Layak untuk Bertemu dengan Trump

Joseph Bermudez, analis situs think tank Korea Utara berbasis di AS, 38North, memperkirakan Kim Jong Un tidak punya pesawat yang mampu terbang melintasi Pasifik tanpa perlu berhenti untuk mengisi bahan bakar.

Victor Cha, penasihat senior Pusat Studi Internasional Strategis, mengatakan, masih ada opsi lain jika Kim tidak punya pesawat saat bertemu dengan Trump.

Cha memaparkan, Kim bisa meminta bantuan Korea Selatan atau Swedia untuk menyediakan pesawat kenegaraan.

Berita selengkapnya klik tautan di sini.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/13/07310141/berita-populer-timteng-kian-panas-hingga-pesawat-kim-jong-un-tak-layak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke