Salin Artikel

Dapat Warisan 2,5 Ton Koin, Keluarga di Jerman Repotkan Petugas Bank

Dilansir dari Deutsche Welle, Sabtu (17/12/2017), petugas bank telah menyelesaikan penghitungan nilai dari 2,5 ton koin. Setidaknya, mereka membutuhkan waktu hingga enam bulan.

Koin-koin itu dikumpulkan oleh seorang mantan pengemudi truk selama 30 tahun. Kemudian, dia mewariskannya ke keluarganya. Sekitar 1,2 juta koin itu dimasukkan ke dalam ratusan kantong.

Nilai uang koin itu rata-rata satu dan dua sen, yang merupakan nilai terkecil dari Deutshmark, mata uang Republik Federal Jerman sebelum adanya euro pada 2002.

Mata uang Deutshmark dapat ditukarkan melalui surat. Namun, keluarga itu tak mungkin mengirimnya melalui pos sehingga harus membawa kantong-kantong uang koin dengan sebuah van setelah kematian pria itu pada Mei 2017.

Menghitung koin-koin tersebut dengan mesin tidak mungkin dilakukan, karena beberapa koin sudah berkarat dan lengket.

Petugas bank Deutsche Bundesbank (bank sentral Jerman) cabang Oldenburg, Wolfgang Kemereit, menyelesaikan penghitungan semua uang logam selama enam bulan.

Penghitungan secara manual itu dilakukan setelah melakukan tugas bank regulernya. Setidaknya, dia membutuhkan sekitar satu jam untuk menghitung satu tas uang koin.

"Saya memegang koin di masing-masing tangan saya," katanya.

"Saya senang melakukan hal seperti itu, jadi tidak masalah," tambahnya.

Setelah dihitung, koin-koin itu nilainya mencapai 8.000 euro atau Rp 127,6 juta.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/17/15544971/dapat-warisan-25-ton-koin-keluarga-di-jerman-repotkan-petugas-bank

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke