Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengikuti Senegal, Chad Panggil Pulang Dubesnya dari Doha

Kompas.com - 09/06/2017, 09:25 WIB

NDJAMENA, KOMPAS.com – Setelah Senegal, Chad memanggil pulang duta besarnya dari Qatar untuk berkonsultasi, demikian kementerian luar negeri Chad, Kamis (8/6/2017). 

Dengan demikian, Chad telah bergabung dengan beberapa negara Afrika lainnya yang telah lebih dahulu menunjukkan dukungan kepada Arab Saudi dan sekutunya di tengah krisis diplomatik di kawasan tersebut, demikian laporan Reuters

Pengumuman Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Chad itu muncul sehari setelah Senegal yang juga telah lebih dahulu memanggil pulang duta besarnya dari Doha, Qatar, Rabu (7/6/2017), sebagai "solidaritas aktif" kepada Arab Saudi. 

Baca: Efek Krisis Diplomatik, Pasukan Qatar Keluar dari Koalisi Arab Saudi

“Senegal telah memutuskan, sejak hari Rabu, 7 Juni 2017, memanggil duta besarnya dari Qatar untuk konsultasi,” kata Kemenlu Senegal dalam pernyataannya, Rabu.

Mauritania, yang merupakan anggota Liga Arab, pada Selasa memutuskan hubungannya dengan Qatar, menyusul langkah serupa yang sudah lebih dulu diambil oleh Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir. 

Sementara itu, Gabon menyatakan kecamannya terhadap Doha. 

"Pemerintah Chad mengimbau semua pemerintah (negara) terkait untuk melakukan dialog guna menyelesaikan krisis ini,” kata Kemenlu Chad dalam pernyataannya.

Chad juga “meminta Qatar untuk menghormati komitmen-komitmennya dengan menghentikan tindakan yang dapat mengganggu hubungan erat negara-negara di kawasan dan perdamaian di dunia." 

Baca: 7 Negara Arab Putuskan Hubungan Diplomatik, Ada Apa dengan Qatar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com