Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rem Blong, Bus Masuk Jurang, 29 Penumpang Tewas

Kompas.com - 18/04/2017, 22:02 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Puluhan penumpang berteriak histeris saat pengemudi bus berulangkali menginjak pedal gas, namun kendaraan itu terus melaju kencang hingga masuk ke dalam jurang

Kecelakaan yang terjadi di wilayah utara Filipina, Selasa (18/4/2017) menyebabkan setidaknya 29 orang tewas.

Seperti dilansir Associated Press, peristiwa ini menjadi salah satu sejarah terburuk dalam kecelakaan transportasi di negeri itu dalam beberapa tahun terakhir.

Sekitar 50 orang yang selamat diangkat oleh regu penyelamat dengan menggunakan tali tambang dari jurang sedalam 24 meter.

Kecelakaan ini terjadi di wilayah Carranglan, Provinsi Nueva Ecija. Demikian keterangan salah satu anggota regu penyelamat Raymond Cano.

Sebagian besar korban dilarikan ke rumah sakit terdekat akibat luka parah. Tak hanya itu, sejumlah orangtua pun terpisah dari anak-anak mereka, kini dilanda kebingungan.

"Satu anak duduk diam di sisi tubuh ibunya. Ibunya meninggal," ungkap Dokter Napoleon Obana dari RS Veteran, di mana banyak korban dilarikan ke tempat itu.

Rekaman yang ditayangkan di televisi menunjukkan barisan regu penyelamat bekerja sama dengan warga setempat memberikan pertolongan.

Beberapa orang terlihat menuruni jurang dengan menggunakan tali tambang, di mana korban berserakan.

Cano mengatakan, berdasarkan hasil penyelidikan awal terungkap bahwa bus kehilangan kendali karena rem yang tak berfungsi, hingga masuk ke jurang.

Seorang penumpang yang luput dari maut, Ralph Raymond Grajo, mengaku melihat sang supir berulang kali menginjak-injak pedal rem, namun bus terus melaju kencang. 

Sebelum masuk ke jurang, kata Grajo, supir sempat mencoba membanting kemudi ke kanan jalan, namun karena banyak rumah berjajar di sana, dia mengembalikan bus ke tengah.

"Seluruh penumpang berteriak dan ada satu penumpang di depan saya yang sempat berujar 'jangan panik', tapi seruan itu tak berpengaruh," kata Grajo.

Hingga berita ini ditayangkan, belum dipastikan apakah supir yang mengendalikan bus ini selamat atau tidak.

Kecelakaan ini merupakan yang keenam kali di areal yang sama dalam beberapa tahun terakhir.

Baca: Bus Masuk Jurang dan Tercebur ke Sungai, 18 Orang Tewas dan 37 Orang Kritis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com