Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus 'Toilet Transgender' di AS Diserahkan ke Pengadilan

Kompas.com - 07/03/2017, 08:20 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mahkamah Agung Amerika Serikat, Senin (6/3/2017), menyerahkan kasus akses kamar kecil untuk siswa transgender tingkat sekolah menengah atas (SMA) kembali kepada pengadilan, tanpa disertai putusan apapun.

Kasus itu dikirim kembali ke Circuit Court of Appeals yang berkantor di Richmond, Virginia, pengadilan yang tahun lalu berpihak kepada siswa.

Siswa SMA, Gavin Grimm, mengajukan tuntutan terhadap Dewan SMA Gloucester County tentang hak menggunakan kamar kecil laki-laki di sekolah.

Grimm, yang dilahirkan sebagai perempuan tetapi mengidentifikasi dirinya sebagai laki-laki, mengatakan. penolakan sekolah terhadap permintaannya telah melanggar undang-undang anti-diskriminasi dan jaminan persamaan perlindungan berdasarkan konstitusi.

Meskipun Grimm tahun lalu menang di tingkat pengadilan banding yang memperbolehkannya menggunakan kamar kecil laki-laki, tetapi Mahkamah Agung menangguhkan putusannya pada Agustus 2016 sebelum tahun ajaran baru sekolah dimulai.

Dengan keputusan Mahkamah Agung pada hari Senin, kasus itu masih belum selesai diputuskan kalau Grimm lulus sekolah nanti, yang berarti haknya menggunakan kamar kecil laki-laki ditolak. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com