Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakak Tiri Kim Jong Un Dikabarkan Tewas Dibunuh di Malaysia

Kompas.com - 14/02/2017, 19:07 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan tewas dibunuh di Malaysia. Demikian sumber pemerintah mengabarkan, Selasa (14/2/2017).

Sumber itu, seperti dikutip kantor berita Yonhap, mengatakan, Kim Jong Nam tewas dibunuh pada Senin (13/2/2017), tanpa memberi rincian lebih lanjut.

Stasiun televisi Chosun mengabarkan, Kim Jong Nam tewas diserang dua orang perempuan tak dikenal di sebuah bandara di Malaysia dengan menggunakan jarum beracun.

Kedua perempuan itu langsung melarikan diri dan kepolisian Malaysia menduga pemerintah Korea Utara ada di belakang pembunuhan tersebut.

Jika kabar ini terkonfirmasi, maka kematian Kim Jong Nam merupakan pembunuhan tokoh dengan posisi paling tinggi di masa rezim Kim Jong Un.

Selama berkuasa, Kim Jong Un dikabarkan telah mengeksekusi beberapa tokoh penting negeri itu termasuk Jang Song Taek, pamannya sendiri, pada 2013.

Kim Jong Nam adalah putra tertua mendiang Kim Jong Il dan selama ini hidup di luar negeri tanpa menyandang gelar atau jabatan apapun.

Dia lahir dari hubungan tak resmi Kim Jong Il dengan Sung Hae Rim, aktris kelahiran Korea Selatan yang meninggal dunia di Moskwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com