Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Kaji Permintaan untuk Kaburkan Peta Pulau Kecil di Laut China Selatan

Kompas.com - 23/09/2016, 07:15 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Google mengatakan, pihaknya sedang mengkaji permintaan dari Taiwan untuk mengaburkan gambar satelit dari pulau kecil di Laut China Selatan.

Juru bicara Google, Kamis (22/9/2016), mengatakan, pihaknya mempertimbangkan keprihatinan keamanan secara sangat serius dan “selalu bersedia membahasnya dengan lembaga dan pejabat publik.”

Tetapi Google mengingatkan, pembicaraannya dengan pemerintahan belum pernah mengarah pada pengaburan gambar di peta, seperti dilaporkan Voice of America.

Google Earth memperlihatkan pulau kecil dengan ukuran 1400 kali 1400 meter secara jelas, termasuk landasan pesawat, pelabuhan, dan tiga kelompok bangunan.

Pengawal pantai Taiwan yang menjaga pulau yang bernama Taiping itu, dalam pernyataannya Kamis (22/9/2016) mengatakan, “karena Taiping itu penting dari segi jurisdiksi militer, beberapa sarana di pulau itu berada dalam kondisi siaga.”

Google memperagakan gambar satelit lewat Google Maps dan Google Earth.

Banyak instalasi pemerintah yang sensitif lainnya, seperti CIA dan markas layanan keamanan Rusia, semuanya diperagakan tanpa pengaburan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com