Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Klaim Tewaskan Komandan Militer AS di Kabul

Kompas.com - 15/08/2016, 22:46 WIB

KABUL, KOMPAS.com - NATO membantah klaim Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang mengatakan telah menewaskan seorang komandan militer AS di Kabul, Afganistan.

Pernyataan ISIS ini dirilis kantor berita Amaq yang menyebut komandan militer AS itu tewas dalam sebuah ledakan bom bersama dua orang perwira militer Afganistan.

"Tak ada bukti terkait klaim yang menyebut seorang komandan militer AS tewas dan melukai beberapa personel militer Afganistan dalam serangan bom di Kabul hari ini (Senin)," demikian pernyataan NATO.

Faredoon Obiadi, kepala divisi investigasi kriminal kepolisian Afganistan, mengatakan, ledakan itu mengakibatkan seorang perwira angkatan darat terluka.

Selain ISIS, kelompok Taliban juga mengklaim mendalangi serangna tersebut yang terjadi tak jauh dari kedutaan besar AS dan pengadilan nasional Afganistan di Lapangan Masoud.

Taliban mengklaim telah menggunakan "bom tempel" dalam serangan itu. "Bom tempel" adalah bahan peledak magnetik yang bisa menempel pada logam, biasanya ditaruh di bawah mobil.

Dalam peristiwa terpisah, pemerintah Afganistan, Senin (15/8/2016) membenarkan Taliban menyerang sebuah markas kepolisian di distrik Dahna-e-Ghori, di provinsi Baghlan, wilayah utara Afganistan.

Sejauh ini belum diperoleh kabar soal korban dalam serangan di Baghlan. Namun, Taliban mengklaim telah membunuh dan menyandera sejumlah personel kepolisian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com