Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Unik, Mampu Melukis hingga Hasilkan Donasi Rp 13,5 Juta

Kompas.com - 23/03/2016, 13:00 WIB

LONG ISLAND, KOMPAS.com — Seekor anjing labrador retriever hitam dari Long Island, Amerika Serikat, melakukan aksi unik.

Dia mempertontonkan kebolehannya melukis dengan kuas dan kanvas dalam acara penggalangan dana untuk kesejahteraan hewan.

Anjing berumur tiga tahun itu selama ini dikenal pula dengan sebutan "Dog Vinci" karena kemampuannya melukis. 

Awalnya, ketakutan anjing ini untuk naik dan turun tangga membawanya pada keahlian melukis, sama seperti majikannya. 

Yvonne Dagger, sang pemilik anjing, juga dikenal sebagai pelukis. Suatu hari, anjing itu menunjukkan minat terhadap hasil lukisan perempuan itu.

"Dia selalu rebah di dekat saya, tetapi suatu hari dia menyenggol saya. Lalu saya tanya apa dia mau ikut melukis? Dia pun mengibas-ngibaskan ekornya tanda setuju," kata Yvonne. 

Anjing itu lalu menggunakan kuas yang dipasang dengan tube sisa cat atau rol tisu agar bisa digigit. Dia pun lalu bisa melukis dengan mengikuti instruksi sang majikan. 

"Setiap tarikan kuas dalam lukisan ini adalah ciri khas dia," kata Yvonne kepada saluran ABC 7, seperti dikutip laman Upi.com, Rabu (23/3/2016).

Sejak menyadari talenta anjingnya untuk melukis, Yvonne mulai menjual karya anjing itu dengan harga antara 50-200 dollar AS. Semua dananya didonasikan untuk Canine Companions for Independence, organisasi di mana Dagger terlibat. 

"Ini merupakan pengalaman yang luar biasa, saat anjing dapat melukis," kata Yvonne. "Dia mampu memberikan return yang begitu mengagumkan kepada orang-orang di sekitarnya," sambung dia.

Dari lukisan yang dibuat si anjing, terkumpul dana sebesar 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 13,5 juta, yang disalurkan melalui Canine Companions for Independence.

"Kami menerima begitu banyak pesanan dari berbagai penjuru dunia untuk membuat lukisan," kata Yvonne.

"Dia melukis kemarin dan akan kembali melukis hari ini," tegas Yvonne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com